kainga3d

Kainga3d berbagi semua hal yang berkaitan dengan Blender 3d Modeling, mulai dari tutorial blender, tip dan trik blender, maupun portofolio yang dikerjakan dengan menggunakan aplikasi blender.

Selasa, 20 Desember 2022

Konsep Three-Point Lighting dan Penerapannya Pada Blender

  wahyusep       Selasa, 20 Desember 2022
Render di blender dengan menerapkan 3 point lighting
Render di blender dengan menerapkan 3 point lighting

 Three point lighting atau penggunaan tiga buah lampu, adalah pengaturan cahaya pada objek dengan menggunakan tiga buah cahaya lampu, Pengaturan cahaya dengan tiga titik lampu ini merupakan pengaturan cahaya yang paling umum digunakan, baik pada industri film, fotografi, desain 3D, dan banyak lagi.

Baiklah, mari mulai kita pelajari:

1. Lampu pertama atau lampu utama (Key Light) merupakan cahaya lampu utama dengan intensitas cahaya paling kuat, saya menggunakan area light sebagai key light dan saya letakkan di depan objek agak geser ke kanan atau ke kiri dari kamera. letaknya agak di atas objek, seperti pada gambar berikut.

letak lampu utama blender
Letak key Light pada Three-Point Lighting

Untuk pengaturan properties dari Key Light bisa dilihat pada gambar berikut:

Pengaturan lampu utama blender
Setting Key Light

Hasil dari penggunaan satu lampu utama (Key Light) adalah seperti berikut:

hasil render lampu utama blender
Hasil render dari 1 lampu key light

Hasil dari penggunaan satu lampu Key Light cukup lumayan. Tapi scene terlihat agak gelap. Dan bayangan terlihat terlalu gelap, dan detail dari objek menjadi tidak terlihat. Scene yang hanya menggunakan satu lampu satu arah membuat bayang menjadi terlalu gelap.

2. Lampu kedua atau disebut juga dengan Fill Light

Lampu kedua ini juga disebut lampu samping yang akan melengkapi lampu pertama, letaknya hampir sama dengan key light cuma berada di sisi yang berlawanan dari kamera. 

Pengaturan Fill Light juga sangat mirip dengan Key Light. Perbedaan utama adalah bahwa intensitas cahaya pada fill light harus di bawah dari intensitas cahaya pada key light. Di sini saya buat intensitas dari fill light menjadi setengah dari intensitas cahaya key light. Lampu yang digunakan juga area light namun dengan ukuran yang agak lebih besar agar bayangan dari fill light tidak bentrok dengan bayangan dari Key light.

lampu kedua pada blender lighting
Letak Fill Light pada Three-Point Lighting

Untuk pengaturan properties dari Fill Light bisa dilihat pada gambar berikut:

pengaturan lampu kedua
Setting Fill Light

Hasil dari penggunaan dua lampu Key Light dan Fill Light adalah seperti berikut:

Hasil render pemberian 2 cahaya
Hasil render 2 lampu Key light dan Fill Light

Hasil render sudah terlihat jauh lebih baik dari sebelumnya.

3. Lampu ketiga disebut juga Back Light karena letaknya berada di belakang objek.

Tujuannya dari back light ini adalah untuk memberikan lebih banyak volume pada scene kita dengan menerangi bagian terjauhnya.

Letak dari back light ini harus berlawanan dengan key light. 

Lampu ke tiga pada blender
Letak Back Light pada Three-Point Lighting

Intensitas cahaya dari back light harus terlemah dari ketiganya. Dengan intensitas cahaya sekitar setengah dari Fill Light. Disini saya gunakan area light dan bentuk dan Ukurannya dibuat sama seperti Fill Light.

pengaturan letak lampu ketiga blender
Setting Back Light

Dengan menambahkan Back Light pada scene, maka akan menghasilkan gambar akhir dari teknik Three-Point Lighting.

Hasil render tiga titik lampu blender
Hasil render 3 lampu key light, fill light dan back light


logoblog

Thanks for reading Konsep Three-Point Lighting dan Penerapannya Pada Blender

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar