Render di blender dengan menerapkan 3 point lighting |
Three point lighting atau penggunaan tiga buah lampu, adalah pengaturan cahaya pada objek dengan menggunakan tiga buah cahaya lampu, Pengaturan cahaya dengan tiga titik lampu ini merupakan pengaturan cahaya yang paling umum digunakan, baik pada industri film, fotografi, desain 3D, dan banyak lagi.
Baiklah, mari mulai kita pelajari:
1. Lampu pertama atau lampu utama (Key Light) merupakan cahaya lampu utama dengan intensitas cahaya paling kuat, saya menggunakan area light sebagai key light dan saya letakkan di depan objek agak geser ke kanan atau ke kiri dari kamera. letaknya agak di atas objek, seperti pada gambar berikut.
Letak key Light pada Three-Point Lighting |
Untuk pengaturan properties dari Key Light bisa dilihat pada gambar berikut:
Setting Key Light |
Hasil dari penggunaan satu lampu utama (Key Light) adalah seperti berikut:
Hasil render dari 1 lampu key light |
Hasil dari penggunaan satu lampu Key Light cukup lumayan. Tapi scene terlihat agak gelap. Dan bayangan terlihat terlalu gelap, dan detail dari objek menjadi tidak terlihat. Scene yang hanya menggunakan satu lampu satu arah membuat bayang menjadi terlalu gelap.
2. Lampu kedua atau disebut juga dengan Fill Light
Lampu kedua ini juga disebut lampu samping yang akan melengkapi lampu pertama, letaknya hampir sama dengan key light cuma berada di sisi yang berlawanan dari kamera.
Pengaturan Fill Light juga sangat mirip dengan Key Light. Perbedaan utama adalah bahwa intensitas cahaya pada fill light harus di bawah dari intensitas cahaya pada key light. Di sini saya buat intensitas dari fill light menjadi setengah dari intensitas cahaya key light. Lampu yang digunakan juga area light namun dengan ukuran yang agak lebih besar agar bayangan dari fill light tidak bentrok dengan bayangan dari Key light.
Letak Fill Light pada Three-Point Lighting |
Untuk pengaturan properties dari Fill Light bisa dilihat pada gambar berikut:
Setting Fill Light |
Hasil dari penggunaan dua lampu Key Light dan Fill Light adalah seperti berikut:
Hasil render 2 lampu Key light dan Fill Light |
Hasil render sudah terlihat jauh lebih baik dari sebelumnya.
3. Lampu ketiga disebut juga Back Light karena letaknya berada di belakang objek.
Tujuannya dari back light ini adalah untuk memberikan lebih banyak volume pada scene kita dengan menerangi bagian terjauhnya.
Letak dari back light ini harus berlawanan dengan key light.
Letak Back Light pada Three-Point Lighting |
Intensitas cahaya dari back light harus terlemah dari ketiganya. Dengan intensitas cahaya sekitar setengah dari Fill Light. Disini saya gunakan area light dan bentuk dan Ukurannya dibuat sama seperti Fill Light.
Setting Back Light |
Dengan menambahkan Back Light pada scene, maka akan menghasilkan gambar akhir dari teknik Three-Point Lighting.
Hasil render 3 lampu key light, fill light dan back light |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar