Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang modifier pada blender dan apa saja kegunaan dari modifier tersebut. Pada pembahasan kali ini hanya pada modifier dalam group generate saja, untuk grup Modify, Deform dan Physics akan saya bahas di lain waktu. Karena modifier pada grup generate inilah yang paling sering dipakai dalam membuat model 3d.
Modifier Generate Pada Blender |
Berikut ini adalah beberapa modifier dalam grup generate:
1. Array:
Modifier array berfungsi untuk mengulang instan dari sebuah objek, baik itu pengulangan pada sumbu x, sumbu y maupun sumbu z. modifier array juga bisa digunakan untuk mengulang objek secara memutar.
Modifier array biasanya digunakan untuk membuat lampu jalan yang berjajar sepanjang jalan. Membuat jalan yang berkelok (dengan menggunakan array dikombinasi dengan curve modifier)
Modifikasi Array Pada Blender |
2. Bevel:
Modifier bevel berguna untuk membuat sudut menjadi melengkung.
Modifikasi Bevel Pada Blender |
3. Boolean:
Modifier boolean berguna untuk menggabung, mengurangi atau membuat perpotongan antara satu objek dengan objek yang lain.
Menggunakan modifier boolean ini dapat mempersingkat waktu kita apabila sedang membuat objek yang komplek.
Modifier boolean biasa digunakan untuk membuat lubang pada dinding, seperti lubang pintu, atau lubang jendela.
Modifikasi Boolean Pada Blender |
4. Build:
Modifier build digunakan untuk menyusun atau membongkar bidang (mesh) pada objek anda secara bagian per bagian.
Modifier build biasa digunakan untuk memberi efek animasi yang menarik pada penyusunan objek, ataupun sebaliknya.
Modifikasi Build Pada Blender |
5. Decimate:
Modifier decimate berguna untuk mengurangi jumlah bidang yang menyusun objek anda.
modifier decimate biasa digunakan untuk mengoptimalkan scene anda, bisa digunakan untuk objek yang jauh dari kamera agar mempersingkat waktu render.
Modifikasi Decimate Pada Blender |
6. Edge Split:
Modifier ini berguna untuk menjdikan sudut yang halus menjadi lebih tajam berdasar pada sudut bidang objek anda.
Biasa digunakan untuk membuat sudut yang tajam dengan shading yang halus.
Modifikasi Edge Split Pada Blender |
7. Mask:
Modifier mask digunakan untuk menyembunyikan maupun memunculkan bagian dari bidang yang telah anda jadikan vertex group terlebih dahulu.
Biasanya digunakan bila kita sedang membuat objek yang sangat komplek dan anda ingin fokus hanya pada bagian tertentu.
Modifikasi Mask Pada Blender |
8. Mirror:
Modifier mirror digunakan untuk mencerminkan objek yang anda buat pada sumbu manapun (x, y atau z).
Biasanya digunakan untuk membuat objek yang simetris, seperti modeling karakter maupun mobil. Anda hanya akan membuat satu sisi saja dari mobil sedang sisi yang lain simetris dengan menggunakan modifier mirror, sehingga akan mempersingkat waktu pengerjaan dan hasil kerja yang lebih bagus (karena simetris).
Modifikasi Mirror Pada Blender |
9. Multiresolution:
Modifier ini digunakan untuk membagi bidang dari objek anda untuk dipahat lebih detail.
Biasa digunakan saat memahat sebuah karakter. Multiresolution mengijinkan anda untuk memahat dengan detail.
Modifikasi Multiresolution Pada Blender |
10. Remesh:
Modifier ini digunakan untuk menyusun bidang objek anda dengan bidang lain
Modifikasi Remesh Pada Blender |
11. Screw:
Modifier screw digunakan untuk menarik bidang dalam pola memutar.
Modifier ini biasa digunakan untuk membuat vas bunga, ataupun bentuk-bentuk objek lathe yang lain.
Modifikasi Screw Pada Blender |
12. Skin:
Modifier skin digunakan untuk membuat mesh yang mengelilingi edge suatu objek.
Biasa digunakan untuk mempercepat proses pembuatan sesuatu hanya dengan vertices yang diextrude.
Modifikasi Skin Pada Blender |
13. Solidify:
Modifier solidify digunakan untuk memberi ketebalan pada face.
Biasa digunakan untuk membuat pipa berlubang dengan ketebalan tertentu.
Modifikasi Solidify Pada Blender |
14. Subdivision Surface:
Modifier subdivision surface digunakan untuk membagi geometri objek, sehingga mesh akan terlihat lebih halus.
Digunakan untuk memperhalus hasil render objek 3d.
Modifikasi Subdivisionsurface Pada Blender |
15. Triangulate:
Modifier triangulate digunakan untuk mengubah segala bentuk polygon atau n-gon menjadi segitiga.
Biasa digunakan jika akan dieksport ke game engine yang membutuhkan bidang segitiga daripada quad (segi empat).
Modifikasi Triangulate Pada Blender |
16. Wireframe:
Modifier wireframe digunakan untuk mengubah semua face(bidang) menjadi rangka mesh.
berguna saat menunjukkan bentuk geometri dari objek, terutama saat presentasi dan jika ingin membuat model rangka seperti menara air dll.
Modifikasi Wireframe Pada Blender |
Itulah beberapa penjelasan tentang modifier pada grup generate, semoga bermanfaat.
Pengetahuan dasar transformasi objek di Blender
Tidak ada komentar:
Posting Komentar