Gunakan UV Sphere untuk melihat hasil material cat pada Blender |
Selanjutnya buat material Principle BSDF, kemudian ubah nilai pada Metallic menjadi 1. Kemudian tambahkan ColorRamp yang dihubungkan dengan input Base Color pada Principle BSDF.
Kemudian ubah warna pada ColorRamp sesuai dengan warna yang diinginkan, disini saya menggunakan warna kombinasi hijau dan hijau lebih tua. kemudian saya menambahkan Layer Weight di depan ColorRamp yang akan menimbulkan efek gradasi warna pada objek.
Kombinasi warna pada cat mobil |
Kemudian tambahkan Voronoi Texture untuk memberi kesan cat metallic pada mobil, dan sebelum masuk ke Roughness pada Principle BSDF ditambahkan ColorRamp terlebih dahulu. Atur nilai scale pada voronoi Texture menjadi 1000, maka akan terlihat seperti ada gliter pada cat.
Jika dilihat lebih dekat maka material cat akan tampak seperti gambar di bawah ini:
Detail cat warna mobil |
Anda bisa mengatur slider dari ColorRamp seperti gambar berikut di bawah:
Pengaturan Slider pada ColorRamp |
Kemudian tambahan lagi kita bisa merubah nilai Clearcoat pada Principle BSDF menjadi 1 untuk memberi efek lapisan tipis pada permukaan cat, karena biasanya cat pada mobil seperti itu.
Dan terakhir agar kita bisa mengubah warna dengan mudah kita bisa menambahkan Hue Saturation Value sebelum masuk ke input Base Color pada Principle BSDF.
Dan untuk hasil penerapan material cat mobil yang telah kita buat di atas adalah seperti pada gambar di bawah ini:
"Zaporozhets" ZAZ-965 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar