Penjelasan Panel Properti
Panel properti berisi semua properti dan fungsi yang dimiliki objek yang ada di dalam viewport. Panel properti sendiri terbagi menjadi beberapa tab yang memiliki fungsi masing-masing, antara lain adalah sebagai berikut:
1. Active Tool and Workspace setting
Pada tab ini kita bisa mengatur tool-tool kita.
2. Render Properties.
Pada tab ini kita bisa mengatur cara render, apakah akan menggunakan eevee render engine atau cycles atau workbench. Pada tab ini kita juga bisa mengatur variabel-variabel yang berpengaruh pada proses rendering, seperti jumlah sampling, seting ambient occlusion, dll.
3. Output Properties.
Di tab ini kita bisa mengatur Resolusi dan Aspek rasio dari file yang dirender, frame rates dari animasi yang kita kerjakan, dan juga file path dimana kita akan menyimpan file hasil renderan kita.
4. View Layer Properties.
Digunakan untuk memilih View Layer dan mengatur properti dari layer yang dipilih.
5. Scene Properties.
Merupakan properti dari kamera utama yang digunakan pada scene, seperti gravity, System Unit, key set dan audio.
6. World Properties.
Pengaturan Scene World, meliputi warna latar belakang, penggunaan HDRI, cahaya pada lingkungan scene secara global dan bagaimana tampilannya.
7. Object Properties.
Merupakan properti yang dimiliki objek 3d yang ada di viewport. Properti yang dapat diatur meliputi, transformasi objek seperti memutar, memindah, dan mengatur skala. Disini juga kita bisa mengetahui hubungan antara satu objek dengan objek lainnya (di tab relation). Bagaimana visibility suatu objek pada vieport.
8. Modifier Properties.
Pada tab ini anda dibolehkan untuk menerapkan modifikasi (modifiers) pada objek 3d yang aktif. Blender memiliki banyak sekali modifier yang dapat anda gunakan, seperti:
Modifier Properties pada Blender |
Saya akan membahas lebih jauh untuk modifier blender ini, karena kita akan selalu memakainya saat membuat model 3d. Penjelasan Modifier Grup Generate
9. Particle Properties.
Di sini kita bisa menambahkan Particle System pada objek yang kita buat. Partikel system ini berguna saat kita membuat rambut misalnya atau rumput, daun-daun pada batang pohon, embun air pada gelas es dll.
Particle Properties Blender |
10. Physics Properties.
Pada tab ini kita bisa menambahkan sifat-sifat suatu objek seperti sifat benda di dunia sebenarnya, seperti: menambah sifat seperti kain pada tab Cloth, benda bertabrakan pada tab Collision, sifat benda cair pada tab Fluid, dll.
Physics Properties Blender |
11. Object Constraints Properties
Berguna saat kita ingin membatasi fungsi suatu objek menggunakan objek yang lainnya, misalnya untuk menjadikan objek kamera mengikuti objek path pada animasi kamera. Pada objek constraint transformation misalnya, kita membatasi pergerakan suatu objek menggunakan pergerakan objek yang lain, dan lain sebagainya.
Berikut ini adalah Object Constraint Properties yang bisa kita gunakan pada software blender:
Object Constraint Properties Blender |
12. Object Data Properties.
Untuk mengubah pengaturan khusus pada objek yang kita pilih. Misalnya, pada objek lampu, kita bisa mengatur kekuatan daya lampu dan warnanya, untuk kamera, focal length dan depth of field, dan sebagainya.
13. Material Properties.
Pada tab material properties ini adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan penambahan dan pengaturan material yang akan kita tempelkan pada objek 3d yang sedang kita buat.
14. Texture Properties.
Untuk menambah dan mengatur tekstur dari brush yang kita gunakan pada objek 3d.
Baiklah itu tadi beberapa penjelasan singkat mengenai Panel Properties dan kegunaannya. Untuk penjelasan mengenai transformasi di blender bisa dilihat di sini,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar