kainga3d

Kainga3d berbagi semua hal yang berkaitan dengan Blender 3d Modeling, mulai dari tutorial blender, tip dan trik blender, maupun portofolio yang dikerjakan dengan menggunakan aplikasi blender.

Jumat, 25 Mei 2018

Konsep 3d Pada Google Sketchup

  wahyusep       Jumat, 25 Mei 2018
Untuk lebih mudah menguasai pemodelan 3d maka kita sedikit banyak harus mengetahui konsep ruang pada gambar 3d. Selama ini jika anda menguasai gambar 2 dimensi maka kita hanya bermain pada bidang planar (bidang datar) dan hanya bekerja pada dua sumbu koordinat, yaitu koordinat x dan y.

Sedang pada gambar 3 dimensi maka gambar kita yang 2 dimensi tadi akan memiliki satu sumbu koordinat lagi sebagai perwakilan tinggi dari obyek yang kita buat yaitu koordinat z.
Jadi pada prinsip model 3 dimensi akan memiliki 3 sumbu koordinat yaitu x, y, dan z.
Baiklah agar tidak terlalu membingungkan mari kita lihat gambar berikut

sumbu koordinat pada google sketchup
sumbu koordinat pada google sketchup

** Catatan : “pada pembahasan konsep 3d di artikel ini berlaku untuk setting default dari google sketchup, karena aturan ini bisa berubah bila anda menggunakan custom dengan pilih menu Tools --> Axes (disini anda bisa merubah posisi dan orientasi sumbu utamanya).”
Pada default google sketchup :
Sumbu X diwakili garis warna merah

Sumbu Y diwakili garis warna hijau

Sumbu Z diwakili garis warna biru

Garis solid merupakan sumbu positif (+) sedang garis titik-titik merupakan sumbu negatif (-).

Pada Google Sketchup :
Jika dilihat dari front view maka bidang datar pada sumbu merah dan biru


Jika dilihat dari right view maka bidang datar pada sumbu hijau dan biru



Jika dilihat dari top view maka bidang datar pada sumbu merah dan hijau

gambar 3d blender
logoblog

Thanks for reading Konsep 3d Pada Google Sketchup

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar