kainga3d

Kainga3d berbagi semua hal yang berkaitan dengan Blender 3d Modeling, mulai dari tutorial blender, tip dan trik blender, maupun portofolio yang dikerjakan dengan menggunakan aplikasi blender.

Jumat, 25 November 2022

Mengenal Interface Blender

  wahyusep       Jumat, 25 November 2022

Pada tulisan kali ini kita akan mengenal interface blender dari awal sebelum kita belanjut lebih jauh dengan modeling objek 3d dan animasi. 

Berikut ini adalah tampilan interface dari software blender.

Interface Software Blender
Interface Software Blender

Gambar di atas merupakan tampilan jendela utama blender saat kita buka pertama kali. Jendela tersebut terdiri dari 4 panel:

1. 3d viewport

merupakan jendela utama yang akan kita gunakan untuk menampilkan dan mengedit object 3d maupun animasi yang kita buat.

2. outliner

Berisi struktur data objek, lighting, dan camera. Dalam outliner kita bisa melihat data dalam scene, kita juga bisa memilih objek dalam secene, hide/unhide objek, dan juga mendisable seleksi objek untuk memudahkan seleksi objek jika didalam scene terdapat banyak objek didalam viewport outliner ini bisa berfungsi mengatur object dalam bentuk semacam layer (Collection).

3. Properties

Menampilkan active data dan juga pengeditan active data,termasuk active scene dan objek. Di dalam panel properties kita dapat mengganti material dari object, menambahkan modifier, mengatur jenis render dll. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di Tutorial Dasar Blender Penjelasan Panel Properti

4. timeline

 timeline kita gunakan saat menganimasikan suatu object, seperti mengatur waktu jalannya animasi, mengatur keyframe maupun memilih frame mana yang akan kita render misalnya.

Blender  memiliki Workspace tambahan yang letaknya di deretan paling kanan pada top bar, workspace tambahan ini akan memudahkan kita agar bisa bekerja lebih efisien, yaitu: 

Modeling: untuk modifikasi geometri dengan alat pemodelan. 

Sculpting: untuk modifikasi meshes dengan alat pahat. 

UV Editing : untuk Pemetaan koordinat tekstur gambar ke permukaan objek 3D. 

Texture Paint: untuk mewarnai tekstur gambar di 3D Viewport.

Shader: untuk menentukan properti material sebelum rendering.

Animation:  untuk membuat animasi dengan adanya timeline. 

Rendering: Untuk melihat dan menganalisis hasil rendering. 

Compositing: Menggabungkan dan pasca-pemrosesan gambar dan memberikan informasi. 

Geometry Node: Untuk pemodelan prosedural menggunakan Geometry Nodes.

Scripting: Pemrograman ruang kerja untuk menulis skrip.

Sekarang mari kita jelajahi apa yang bisa kita lakukan di jendela utama (3d viewport).

Pertama kita akan melihat view controls yang terletak di sebelah kanan atas dari 3d vieport.

belajar blender 3d

-pada bagian paling atas adalah gizmo yang bisa di klik dan tahan untuk memutar tampilan pada 3d viewport. bisa juga dengan klik pada bagian lingkaran kecil yang berwarna untuk merubah pandangan sesuai dengan sumbu x, y, dan z (atau top, right, front)

-yang kedua adalah gambar kaca pembesar, jika kita klik dan tekan dan gerakan mouse maka kita bisa lihat zoom out dan zoom in.

-kemudian gambar tangan, klik tahan untuk melihat fungsi pan around.

-gambar kamera untuk mengubah tampilan menjadi tampilan kamera (camera view)

-yang terakhir kita gunakan untuk mengubah tampilan ke orthographic maupun perspective.

Selain menggunakan view controls di atas maka lebih cepatnya kita gunakan saja mouse dan tombol keyboard.

-untuk rotating(memutar) dengan menahan tombol tengah mouse

-zooming dengan men scroll mouse atau dengan klik CTRL dan tombol tengah mouse untuk lebih akurat.

-untuk panning dengan Shift + tombol tengah mouse.

Shortcut pada Numpad

0 --> tampilan kamera

1 -->tampak atas, 3--> tampak kanan, 7--> tampak atas (untuk kebalikannya dengan menambat CTRL+1 atau 3 atau 7)

5 --> untuk tampilan orthographic

2, 4, 6, 8 untuk memutar secara bertahap

+ dan - untuk zoom in dan zoom out

. (titik) untuk pandangan (zooming) ke object yang kita seleksi. Fungsi titik (.) pada numpad ini akan sangat berguna saat kita bekerja dengan banyak object dan mencakup ruang yang lebar.

Dengan menekan tombol tilde

fungsi tombol tilde keyboard

Dengan menekan tombol tilde maka akan muncul pilihan pada 3d viewport yang dapat kita pilih tampilan sesuai seperti yang kita inginkan.

3d view blender

Sekian dulu untuk pengenalan interface dari software blender. Untuk selanjutnya kita akan mempelajari 

Pengetahuan dasar Transformasi Objek 3d Blender
logoblog

Thanks for reading Mengenal Interface Blender

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar