Pada tulisan kali ini kita akan mengenal interface blender dari awal sebelum kita belanjut lebih jauh dengan modeling objek 3d dan animasi.
Berikut ini adalah tampilan interface dari software blender.
Interface Software Blender |
Gambar di atas merupakan tampilan jendela utama blender saat kita buka pertama kali. Jendela tersebut terdiri dari 4 panel:
1. 3d viewport
merupakan jendela utama yang akan kita gunakan
untuk menampilkan dan mengedit object 3d maupun animasi yang kita buat.
2. outliner
Berisi struktur data objek, lighting, dan camera. Dalam outliner kita bisa melihat data dalam scene, kita juga bisa memilih objek dalam secene, hide/unhide objek, dan juga mendisable seleksi objek untuk memudahkan seleksi objek jika didalam scene terdapat banyak objek didalam viewport outliner ini bisa berfungsi mengatur object dalam bentuk
semacam layer (Collection).
3. Properties
Menampilkan active data dan juga pengeditan active data,termasuk active scene dan objek. Di dalam panel properties kita dapat mengganti
material dari object, menambahkan modifier, mengatur jenis render dll. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di Tutorial Dasar Blender Penjelasan Panel Properti
4. timeline
timeline
kita gunakan saat menganimasikan suatu object, seperti mengatur waktu jalannya
animasi, mengatur keyframe maupun memilih frame mana yang akan kita render
misalnya.
Blender memiliki Workspace tambahan yang letaknya di deretan paling kanan pada top bar, workspace tambahan ini akan memudahkan kita agar bisa bekerja lebih efisien, yaitu:
Modeling: untuk modifikasi geometri dengan alat pemodelan.
Sculpting: untuk modifikasi meshes dengan alat pahat.
UV Editing : untuk Pemetaan koordinat tekstur gambar ke permukaan objek 3D.
Texture Paint: untuk mewarnai tekstur gambar di 3D Viewport.
Shader: untuk menentukan properti material sebelum rendering.
Animation: untuk membuat animasi dengan adanya timeline.
Rendering: Untuk melihat dan menganalisis hasil rendering.
Compositing: Menggabungkan dan pasca-pemrosesan gambar dan memberikan informasi.
Geometry Node: Untuk pemodelan prosedural menggunakan Geometry Nodes.
Scripting: Pemrograman ruang kerja untuk menulis skrip.
Sekarang mari kita jelajahi apa yang bisa kita
lakukan di jendela utama (3d viewport).
Pertama kita akan melihat view controls yang
terletak di sebelah kanan atas dari 3d vieport.
-pada bagian paling atas adalah gizmo yang bisa di klik dan tahan untuk memutar tampilan pada 3d viewport. bisa juga dengan klik
pada bagian lingkaran kecil yang berwarna untuk merubah pandangan sesuai dengan
sumbu x, y, dan z (atau top, right, front)
-yang kedua adalah gambar kaca pembesar, jika
kita klik dan tekan dan gerakan mouse maka kita bisa lihat zoom out dan zoom
in.
-kemudian gambar tangan, klik tahan untuk melihat
fungsi pan around.
-gambar kamera untuk mengubah tampilan menjadi
tampilan kamera (camera view)
-yang terakhir kita gunakan untuk mengubah
tampilan ke orthographic maupun perspective.
Selain menggunakan view controls di atas maka
lebih cepatnya kita gunakan saja mouse dan tombol keyboard.
-untuk rotating(memutar) dengan menahan tombol
tengah mouse
-zooming dengan men scroll mouse atau dengan klik
CTRL dan tombol tengah mouse untuk lebih akurat.
-untuk panning dengan Shift + tombol tengah
mouse.
Shortcut pada Numpad
0 --> tampilan kamera
1 -->tampak atas, 3--> tampak kanan,
7--> tampak atas (untuk kebalikannya dengan menambat CTRL+1 atau 3 atau 7)
5 --> untuk tampilan orthographic
2, 4, 6, 8 untuk memutar secara bertahap
+ dan - untuk zoom in dan zoom out
. (titik) untuk pandangan (zooming) ke object
yang kita seleksi. Fungsi titik (.) pada numpad ini akan sangat berguna saat
kita bekerja dengan banyak object dan mencakup ruang yang lebar.
Dengan menekan tombol tilde
Dengan menekan tombol tilde maka akan muncul
pilihan pada 3d viewport yang dapat kita pilih tampilan sesuai seperti yang
kita inginkan.
Sekian dulu untuk pengenalan interface dari software blender. Untuk selanjutnya kita akan mempelajari
Pengetahuan dasar Transformasi Objek 3d Blender
Tidak ada komentar:
Posting Komentar