Setelah penjelasan pada tulisan sebelumnya di Mengenal Interface Blender, sekarang kita akan mempelajari:
1. Dasar-dasar transformasi object 3d
-->move(memindah), rotate(memutar), dan scale(mengubah ukuran/ skala).
2. Menambah dan menghapus object 3d.
3. Mengubah object 3d (editing object) -->
seperti memahami penggunaan edit mode dan bagaimana mengubah vertices(titik),
edges(garis) dan faces(bidang)
Baiklah sekarang kita mulai dengan object kubus
pada blender.
Pertama coba select kubus dengan klik kiri pada
object kubus, jika terpilih maka kubus tersebut pada viewport akan muncul
outline warna kuning, sedang pada outliner object akan di highlight dengan
warna biru.
Sekarang mari kita lihat pada bagian sisi kiri
viewport, disana anda lihat ada tools list (anda bisa menampilkan maupun
menyembunyikan dengan menekan tombol T pada keyboard)
Pada bagian paling atas dari tools list ini
berfungsi untuk untuk seleksi object, bagian kedua untuk memindahkan 3d
cursor.
Bagian ke 3, 4, 5 merupakan tool yang digunakan
untuk mengubah object 3d:
Transformasi Objek Blender |
Move Tool , berguna untuk memindahkan object 3d yang telah terseleksi, fungsi move tool ini bisa kita akses dengan shortcut G (grab) pada keyboard.
*** setiap kita menggunakan shortcut maka akan
selalu tampil Tips mengenai shortcut yang aktif di bagian bawah viewport ***
Jadi setelah kita tekan tombol G pada keyboard,
anda bisa mengontrol lebih jauh dengan menekan tombol x untuk berpindah pada
sumbu x, tombol y untuk berpindah pada sumbu y, tombol z untuk berpindah pada
sumbu z.
Rotate tool, berguna untuk memutar object 3d yang telah
terseleksi, fungsi rotate tool ini bisa kita akses dengan shortcut R (rotate)
pada keyboard.
Kita dapat memutar object3d sesuai dengan sumbu
koordinat yang kita inginkan dengan menekan tombol x untuk berputar pada sumbu
x, tombol y untuk berputar pada sumbu y, tombol z untuk berputar pada sumbu z.
Scale tool, berguna untuk mengubah ukuran/ skala object 3d
yang telah terseleksi, fungsi scale tool ini bisa kita akses dengan shortcut S
(scale) pada keyboard.
Kita dapat mengubah ukuran object3d sesuai dengan
sumbu koordinat yang kita inginkan dengan menekan tombol x untuk mengubah
ukuran pada sumbu x, tombol y untuk mengubah ukuran pada sumbu y, tombol z
untuk mengubah ukuran pada sumbu z.
Selanjutnya pada bagian 6 adalah Transform
tool adalah gabungan dari ketiga fungsi di atas.
Untuk mengakses Tools list bisa juga dengan
menggunakan tombol Shift + Spacebar seperti pada gambar berikut:
Menambah dan menghapus object 3d.
1. Pertama kita akan menghapus object dengan klik kanan pada object yang telah terseleksi, kemudian klik delete pada baris paling bawah.
2. Dengan menggunakan keyboard shortcut tombol X kemudian klik delete.
Selanjutnya untuk menambahkan object bisa kita lakukan dengan klik menu "Add" yang terletak di bagian atas viewport atau dengan menggunakan shortcut Shift + A
Di sini akan muncul menu dropdown pilihan object
apa yang akan kita tambahkan ke dalam viewport. Cobalah untuk menambahkan satu
persatu object yang ada agar kita bisa belajar lebih banyak.
tapi untuk saat ini yang kita perlukan adalah
menambahkan add --> mesh --> cube (kubus) dan untuk kali ini akan
kita buat menjadi sebuah kursi, sebagai latihan.
Untuk mengedit sebuah object 3d kita perlu masuk ke edit mode. karena saat kita membuat sebuah object, maka kita berada pada object mode. cara untuk masuk ke edit mode adalah dengan klik menu drop down yang terletak di kiri atas dari viewport, kemudian kita pilih Edit Mode.
**
perlu diingat sebelumnya harus, objek yang akan kita edit pada posisi terpilih (terseleksi).
setelah masuk ke Edit Mode, maka tampilan object
kubus akan menjadi seperti gambar di bawah ini.
Setelah masuk ke edit mode maka kita akan selalu
berhubungan dengan 3 unsur penyusun objek 3d, yaitu vertices, edge dan face.
Bagian inilah yang nantinya dapat kita atur (move, rotate, scale) agar menjadi
objek 3d seperti yang kita inginkan.
Sebuah titik dari object disebut vertices, dua
buah titik yang terhubung akan menjadi sebuah edge (garis), dan 3 atau 4 titik
yang terhubung akan menjadi sebuah face (bidang).
Untuk menyeleksi vertices, edge atau face dapat
kita lakukan dengan memilih opsi di bagian kiri atas vieport.
atau dengan shortcut angka 1(vertices), 2(edge),
3(face)
**catatan tombol yang dipakai bukan tombol pada
numpad**
Sekian dulu untuk pembahasan kali, terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar