kainga3d

Kainga3d berbagi semua hal yang berkaitan dengan Blender 3d Modeling, mulai dari tutorial blender, tip dan trik blender, maupun portofolio yang dikerjakan dengan menggunakan aplikasi blender.

Sabtu, 26 November 2022

Pengetahuan dasar Transformasi Objek 3d Blender

  wahyusep       Sabtu, 26 November 2022

Setelah penjelasan pada tulisan sebelumnya di Mengenal Interface Blender, sekarang kita akan mempelajari:

1. Dasar-dasar transformasi object 3d -->move(memindah), rotate(memutar), dan scale(mengubah ukuran/ skala).

2. Menambah dan menghapus object 3d.

3. Mengubah object 3d (editing object) --> seperti memahami penggunaan edit mode dan bagaimana mengubah vertices(titik), edges(garis) dan faces(bidang)

Baiklah sekarang kita mulai dengan object kubus pada blender.

Pertama coba select kubus dengan klik kiri pada object kubus, jika terpilih maka kubus tersebut pada viewport akan muncul outline warna kuning, sedang pada outliner object akan di highlight dengan warna biru.

Sekarang mari kita lihat pada bagian sisi kiri viewport, disana anda lihat ada tools list (anda bisa menampilkan maupun menyembunyikan dengan menekan tombol T pada keyboard)

pengetahuan dasar modeling 3d di blender

Pada bagian paling atas dari tools list ini berfungsi untuk untuk seleksi object, bagian kedua untuk memindahkan 3d cursor.

Bagian ke 3, 4, 5 merupakan tool yang digunakan untuk mengubah object 3d:

pengetahuan dasar modeling 3d di blender
Transformasi Objek Blender

Move Tool , berguna untuk memindahkan object 3d yang telah terseleksi, fungsi move tool ini bisa kita akses dengan shortcut G (grab) pada keyboard.

*** setiap kita menggunakan shortcut maka akan selalu tampil Tips mengenai shortcut yang aktif di bagian bawah viewport ***

pengetahuan dasar modeling 3d di blender

Jadi setelah kita tekan tombol G pada keyboard, anda bisa mengontrol lebih jauh dengan menekan tombol x untuk berpindah pada sumbu x, tombol y untuk berpindah pada sumbu y, tombol z untuk berpindah pada sumbu z.

Rotate tool, berguna untuk memutar object 3d yang telah terseleksi, fungsi rotate tool ini bisa kita akses dengan shortcut R (rotate) pada keyboard.

Kita dapat memutar object3d sesuai dengan sumbu koordinat yang kita inginkan dengan menekan tombol x untuk berputar pada sumbu x, tombol y untuk berputar pada sumbu y, tombol z untuk berputar pada sumbu z.

Scale tool, berguna untuk mengubah ukuran/ skala object 3d yang telah terseleksi, fungsi scale tool ini bisa kita akses dengan shortcut S (scale) pada keyboard.

Kita dapat mengubah ukuran object3d sesuai dengan sumbu koordinat yang kita inginkan dengan menekan tombol x untuk mengubah ukuran pada sumbu x, tombol y untuk mengubah ukuran pada sumbu y, tombol z untuk mengubah ukuran pada sumbu z.

Selanjutnya pada bagian 6 adalah Transform tool adalah gabungan dari ketiga fungsi di atas.

Untuk mengakses Tools list bisa juga dengan menggunakan tombol Shift + Spacebar seperti pada gambar berikut:

pengetahuan dasar modeling 3d di blender

Menambah dan menghapus object 3d.

1. Pertama kita akan menghapus object dengan klik kanan pada object yang telah terseleksi, kemudian klik delete pada baris paling bawah.

Pengetahuan dasar Blender 3d

2. Dengan menggunakan keyboard shortcut tombol X kemudian klik delete.

Pengetahuan dasar Blender 3d

Selanjutnya untuk menambahkan object bisa kita lakukan dengan klik menu "Add" yang terletak di bagian atas viewport atau dengan menggunakan shortcut Shift + A

Pengetahuan dasar Blender 3d

Di sini akan muncul menu dropdown pilihan object apa yang akan kita tambahkan ke dalam viewport. Cobalah untuk menambahkan satu persatu object yang ada agar kita bisa belajar lebih banyak.

tapi untuk saat ini yang kita perlukan adalah menambahkan add --> mesh --> cube (kubus) dan untuk kali ini akan kita buat menjadi sebuah kursi, sebagai latihan.

Untuk mengedit sebuah object 3d kita perlu masuk ke edit mode. karena saat kita membuat sebuah object, maka kita berada pada object mode. cara untuk masuk ke edit mode adalah dengan klik menu drop down yang terletak di kiri atas dari viewport, kemudian kita pilih Edit Mode. 

** perlu diingat sebelumnya harus, objek yang akan kita edit pada posisi terpilih (terseleksi).

Pengetahuan dasar Blender 3d

setelah masuk ke Edit Mode, maka tampilan object kubus akan menjadi seperti gambar di bawah ini.

Pengetahuan dasar Blender 3d

Setelah masuk ke edit mode maka kita akan selalu berhubungan dengan 3 unsur penyusun objek 3d, yaitu vertices, edge dan face. Bagian inilah yang nantinya dapat kita atur (move, rotate, scale) agar menjadi objek 3d seperti yang kita inginkan.

Pengetahuan dasar Blender 3d

Sebuah titik dari object disebut vertices, dua buah titik yang terhubung akan menjadi sebuah edge (garis), dan 3 atau 4 titik yang terhubung akan menjadi sebuah face (bidang).

Untuk menyeleksi vertices, edge atau face dapat kita lakukan dengan memilih opsi di bagian kiri atas vieport.

Pengetahuan dasar Blender 3d

atau dengan shortcut angka 1(vertices), 2(edge), 3(face)

**catatan tombol yang dipakai bukan tombol pada numpad**

Sekian dulu untuk pembahasan kali, terimakasih.

logoblog

Thanks for reading Pengetahuan dasar Transformasi Objek 3d Blender

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar